Jumat, 17 Februari 2012

Katarak Bisa Membaik dengan 40 Jam Main Video Game

hyukmariitasehat.blogspot.com - Selain dengan laser dan operasi, ada cara lain yang sepertinya menyenangkan untuk mengobati penderita katarak. Menurut penelitian, permainan video game selama 40 jam bisa membantu memperbaiki kemampuan melihat para penderita katarak.

Peneliti dari McMaster University di Kanada, Dr Daphne Maurer mengatakan permainan video game bisa membantu memperbaiki kemampuan melihat pada penderita katarak. Caranya dengan memainkannya selama 40 jam, dihitung secara kumulatif dalam waktu sekitar 4 pekan.
Main video game
Jenis katarak yang bisa diperbaiki dengan terapi video game ini menurut Dr Maurer adalah katarak bawaan yang didapat sejak lahir. Belum diketahui bagaimana efek dan keamanannya jika diterapkan pada orang yang menderita katarak ketika sudah dewasa.

Hasil pengujian pada sejumlah pasien, video game bisa meningkatkan kemampuan untuk membaca tulisan yang dicetak kecil. Demikian juga dalam merespons obyek titik kecil yang bergerak serta untuk mengenali wajah, penglihatan para pasien jadi lebih baik.

"Perbaikan ini menunjukkan pada kita bahwa otak orang dewasa sekalipun masih cukup plastis untuk bisa dilatih, dalam rangka memperbaiki gangguan pada fungsi sensori tertentu," kata Dr Maurer seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (17/2/2012).

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa permainan video game juga bisa digunakan sebagai terapi untuk mengobati sindrom mata malas. Sindrom ini dikenal sebagai gangguan otak yang membuat salah satu bola mata dan kemampuan melihatnya tidak berkembang dengan seimbang.

Penelitian terbaru pada penderita katarak ini baru akan dipresentasikan pada pertemuan ilmiah American Association for the Advancement of Science di Vancouver. Sejauh ini belum disebutkan jenis video game macam apa yang bisa dipakai untuk terapi katarak.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar