Sabtu, 21 Januari 2012

Al-Qur'an Terbesar & Seberat 500 Kilogram Untuk Pertama Kali Dipamerkan

hyukmariitasehat.blogspot.com - AL-QUR'AN terbesar di dunia baru-baru ini dipamerkan di Kabul, Afghanistan. Al-Qur’an seberat 500 kilogram itu dibuat oleh ahli kaligrafi Mohammed Sabir Khedri dan 9 orang asistennya.

Dibutuhkan waktu selama 5 tahun untuk menyelesaikan, termasuk dalam penulisan, pembuatan sampul depan, serta ornamen-ornamen yang mempercantik kitab suci umat Islam itu.
AL-QUR'AN terbesar di dunia
Al-Qur’an berukuran jumbo itu ditulis dengan tinta emas dengan ornamen cantik yang membingkai sekelilingnya. Khedri menuturkan, dirinya ingin menggunakan banyak warna agar Al-Qur’an ini terlihat lebih indah.

Hal ini sesuai dengan tujuan awal Khedri memulai proyek besar itu, yaitu untuk menunjukkan kekayaan budaya Islam dan tradisi negerinya yang tetap bertahan walau sempat dilanda peperangan.

Al-Qur’an ekstra besar itu dibuat dengan ukuran 2,28 x 1,55 meter. Bahan sampul depannya dirangkai dari kulit kambing sebanyak 21 ekor.

Seperti diberitakan Oddity Central, Al-Qur’an ini sebenarnya telah selesai dibuat pada 2009, namun Khedri menyimpannya selama lebih dari dua tahun, sehingga baru ditampilkan baru-baru ini.

Alasannya, ruangan khusus tempat pameran Al-Qur’an ini belum selesai dibuat. Hasil karyanya ini sekarang disimpan di sebuah lembaga pusat kebudayaan di Kabul.
AL-QUR'AN terbesar di dunia
Khedri mengaku senang jika kreasinya ini mampu menginspirasi banyak orang, apalagi jika ada yang mengikuti jejaknya.

“Saya senang kalau ada yang mau membuat Al-Qur’an lebih besar dari ini. Ini salah satu bentuk syiar Islam,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar