Selasa, 27 Desember 2011

10 Kisah Terbesar Dunia Teknologi Tahun 2011

hyukmariitasehat.blogspot.com - Selama 2011, banyak berita beredar mengenai industri teknologi dan banyak hal yang bisa didiskusikan. Kabar yang muncul mulai dari tokoh hingga produk-produk baru.
Seperti pelopor-pelopor teknologi yang sangat berpengaruh, keamanan cyber yang menyedot miliaran dolar dari perusahaan, tren elektronik, alat-alat di Web dan tantangan baru yang diciptakan.

Smartphone dan tablet tumbuh sangat pesat tahun ini dan untuk masa depan, ada banyak inisiatif pembahasan futuristik yang tak cukup membuahkan hasil di tahun ini. Benih-benih strategi mobile Hewlett-Packard, rencana Google pasca-mengakuisisi Motorola, transistor silikon 3D Intel dan sistem pembayaran mobile Google Wallet ditanam tahun ini.
Teknologi
Berikut 10 kisah di 2011 yang memiliki dampak besar serta bisa beresonansi selama bertahun-tahun.

Steve Jobs meninggal
Pendiri Apple yang kuat dan dihormati, Steve Jobs, meninggal pada 5 Oktober setelah pertempuran panjang melawan kanker. Warga dunia berduka di luar ratusan toko Apple. Biografi Jobs tulisan Walter Isaacson dirilis November lalu dan menjadi buku laris.
Di Apple, Jobs berjasa membantu menciptakan industri komputer pribadi seperti iMac, iPhone, iPod, dan iPad. Ia juga memimpin Pixar Animation Studios yang ia akuisisi pada 2006.

Peran sosial media sebagai alat demonstran
Banyak pujian terutuju pada Facebook, Twitter dan YouTube karena memainkan peran di revolusi di Arab seiring serangkaian protes di Timur Tengah mulai muncul akhir 2010. Penggunaan jejaring sosial untuk menyebarkan berita mengenai demonstrasi berlangsung tahun ini, terutama dalam pemberontakan Mesir yang menggulingkan Presiden Hosni Mubarak.
Di London, peserta kerusuhan menggunakan BlackBerry Messenger. Laporan Micro dari Occupy Wall Street dan protes lain di Amerika Serikat sering muncul di Twitter. Diduga karena hal ini, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengadakan konferensi mengatakan, “Kita ada di persimpangan teknologi dan isu-isu sosial”.

Hacker
Topeng Guy Fawkes yang menjadi simbol putih pergolakan politik banyak terlihat di protes Occupy. Namun topeng dari film ‘V for Vendetta’ itu sebelumnya telah diadopsi kelompok online bernama Anonymous.
Anggota kelompok ini terorganisir muncul dari bawah tanah tahun ini dengan serangkaian serangan komputer pada gereja-gereja, e-commerce dan bank. Kelompok adik yang disebut Lulz Security ini menyerang dengan cepat dan cepat menghilang.

Pasar tablet kedapatan puluhan pendatang baru
Pasar tablet PC yang telah berusia satu dekade menerima sentakan produk baru tahun ini dan hal ini dipicu keberhasilan iPad Apple. Para produsen elektronik pun berusaha mencari tahu tablet seperti apa yang dicari konsumen, seperti Google dengan tablet Android, dan Research in Motion (RIM) dengan BlackBerry PlayBook.

Facebook dan mitra menambahkan ‘frictionless’
Apa yang Anda sebut saat orang yang Anda kenal mengetahui sesuatu mengenai Anda tanpa Anda memberitahu mereka? Facebook menyebutnya ‘frictionless’ dan perusahaan yang telah menerapkan fitur ini menganggapnya sebagai kendaraan promosi besar.

Perang hak paten
Nama besar dalam dunia mobile seperti Apple, Google, HTC, Microsoft, RIM dan Samsung terlibat dalam permainan raksasa risiko hak paten. Perusahaan-perusahaan saling mengajukan tuntutan hukum di seluruh dunia untuk mencari perjanjian lisensi atau memblokir penjualan produk pesaing.

Google+
Banyak orang menghabiskan banyak waktunya di jejaring sosial dibanding Web. Kata lainnya, lebih banyak Facebook dan sedikit Google. Karenanya, Google menciptakan Facebook-nya sendiri bernama Google+.
Google+ pertama muncul dengan langkah yang sangat menjanjikan namun Facebook telah lama memimpin. Google menegaskan, jejaring sosial merupakan kunci masa depan perusahaannya dan ini merupakan taruhan besarnya.

Apple menjadi perusahaan paling berharga di dunia
Saat Jobs kembali ke Apple pada 1997, ia mengaku dalam sepekan perusahaannya akan bangkrut. Selama satu dekade kemudian, ia berhasil membalikkan kondisi itu dan menjadi perusahaan paling berharga di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Watson IBM mengalahkan juara manusia di ‘Jeopardy!’
Komputer Watson buatan IBM awalnya gagal memahami beberapa nuansa bahasa Inggris. Namun kemudian, Watson berhasil membuktikan diri mampu mengalahkan dua orang pintar, Ken Jennings dan Brad Rutter.

Spotify dan Facebook masuk musik digital
Melalui iTunes dan iPod, Apple memiliki formula kuat mendominasi industri musik digital yang tak bisa ditaklukkan Amazon dan Google. Namun Spotify berhasil membuktikan diri mampu masuk AS tahun ini.
Facebook Music, laman yang menampilkan apa yang didengarkan teman, membantu memperkenalkan khalayak lebih luas pada layanan on-demand streaming seperti Spotify, Mog, Radio dan Rhapsody.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar